Sambutan Ketua STMIK Ichsan Gorontalo

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang atas Rahmat dan Karunia-Nya pada hari ini kita semua berada dalam kondisi sehat.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia sejak akhir tahun 2019 telah menimbulkan disrupsi di segala aspek kehidupan, dan membuat kita memikirkan kembali tentang nilai-nilai kehidupan, dan juga tentang bagaimana kita menjalin kehidupan bersama dengan cara yang lebih baik. Pada kesempatan ini, saya sampaikan terima kasih kepada seluruh elemen sivitas akademika STMIK Ichsan Gorontalo atas kerja keras, kerja sama dan kebersamaannya di masa pandemi ini. Mulai memegang amanah sebagai Ketua STMIK Ichsan Gorontalo pada bulan Oktober 2018, saya memegang prinsip bahwa kepemimpinan STMIK Ichsan Gorontalo merupakan estafet yang bersifat sinambung dan progresif. Capaian-capaian dari kepemimpinan terdahulu perlu dipertahankan, sementara perbaikan-perbaikan dan pembaruan-pembaruan dilakukan sebagai respon terhadap aspirasi yang berkembang serta dinamika di masyarakat.

 

Saya percaya bahwa perguruan tinggi perlu menjadi entitas yang senantiasa bersifat dinamis, responsif terhadap tantangan yang berkembang, serta hadir dengan menawarkan perubahan-perubahan. Sebagaimana kita ketahui, sejak krisis ekonomi yang melanda dunia di kisaran tahun 2008, perguruan-perguruan tinggi mengemban tanggung jawab yang semakin besar untuk merespon, dan berkontribusi dalam menjawab permasalahan-permasalahan nasional di masing-masing negara, dan juga permasalahan global. Sementara krisis ekonomi tersebut belum sepenuhnya bisa diatasi, hari ini seluruh dunia harus berjuang menghadapi pandemi covid-19 beserta dampak-dampaknya.

Dalam tahun-tahun ke depan, berbagai negara di dunia akan menghadapi tantangan untuk melakukan pemulihan-pemulihan baik di sektor kesehatan, ekonomi, maupun sosial secara umum, sebagai dampak dari pandemi covid-19 dan krisis ekonomi tersebut di atas. Permasalahan security (dalam air, pangan, energi, lingkungan) akan menjadi semakin signifikan. Selain ini semua, upaya-upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi emerging economies seperti Indonesia, menjadi krusial untuk mewujudkan keseimbangan dan keberlanjutan dalam pembangunan dunia (global development).

Berkenaan dengan pandemi covid-19 yang hingga hari ini masih melanda, di tahun 2021 STMIK Ichsan Gorontalo perlu meningkatkan kontribusinya baik di bidang penelitian, pengabdian masyarakat maupun inovasi, dalam mendukung upaya-upaya yang ditempuh Pemerintah Indonesia untuk melakukan pemulihan kondisi ekonomi dan sosial. Di awal tahun 2021 ITB akan memulai kegiatan pembelajaran dengan metode hibrida, yang menggabungkan metode daring dan luring. Dalam menempuh metode hibrida tersebut, perlu kita perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

• Perluasan akses bagi para pembelajar.
• Peningkatan semangat resource sharing.
• Operasionalisasi kampus yang mengedepankan prinsip sustainability.

Sebagai pionir pendidikan tinggi di Indonesia, STMIK Ichsan Gorontalo memiliki akar yang kuat dalam tradisi kebebasan akademik, di mana keberagaman pemikiran mendapatkan ruang apresiasi yang tinggi. Dengan lingkungan pembelajaran yang penuh semangat dan potensi dalam inovasi, kami berkomitmen dalam mendidik mahasiswa kami menjadi pemimpin global yang inovatif.

Kami juga terus aktif menjalin berbagai program kolaborasi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Jejaring kemitraan global STMIK Ichsan Gorontalo telah membuka ruang kesempatan yang luas untuk mewujudkan berbagai gagasan, aksi, dan kontribusi yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Saya percaya STMIK Ichsan Gorontalo akan mampu melakukan hal-hal tersebut melalui serangkaian langkah-langkah transformasi sebagai berikut:
1. Peningkatan kinerja Sistem Tridharma yang memfasilitasi seluruh komponen sivitas akademika untuk memberikan kinerja terbaiknya dan menghasilkan keunggulan-keunggulan.
2. Peningkatan kemampuan institusional untuk memberikan solusi terhadap masalah bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa dengan cara mempromosikan keunggulan-keunggulan baik pada tataran nasional maupun global.
3. Peningkatan kemampuan institusional untuk menjalin kolaborasi dengan mitra-mitra internasional, dalam kerangka upaya untuk merespon masalah global, nasional maupun lokal.
4. Peningkatan kualitas lulusan STMIK Ichsan Gorontalo agar semakin memiliki wawasan dan kompetensi internasional, semakin kuat dalam karakter nasionalis dan kecintaan terhadap NKRI.
5. Peningkatan keberlanjutan kepemimpinan STMIK Ichsan Gorontalo yang senantiasa mampu bertransformasi untuk merespon perubahan dan mendorong pembaruan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi situs web kami.

 

Jorry Karim, M.Kom.
Ketua STMIK