Detail Berita

  • Home -
  • Detail Berita
research
  • 13 Jun 2021

Pelepasan Mahasiswa KKLP 2021

Dalam acara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) 2021 yang berlangsung Sabtu 12-06-2021 di Aula Lantai satu STMIK Ichsan Gorontalo. Ketua STMIK menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh perwakilan peserta KKLP. Di depan Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III, Wakil Ketua IV, dan Dosen Pendamping Lapangan, Ketua STMIK, Jorry Karim, M.Kom menekankan pentingnya bersinergi dengan masyarakat desa selama menjalani KKLP.

KKLP ini akan berlangsung selama satu bulan di dua lokasi yaitu Kecamatan Boliyohuto dan Kecamatan Monggolito, Kabupaten Boalemo. Sementara penerjunan mahasiswa di lokasi KKLP dilaksanakan pada hari Senin, 1 Juni 2021.

Penerjunan dan serah terima mahasiswa KKLP ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima mahasiswa KKLP oleh Kepala LPM STMIK, Santawali, M.Kom dengan pihak Kecamatan Boliyohuto dan Monggolito.

Dalam acara penerjunan tersebut, disampaikan program unggulan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berbasis Teknologi Informasi dengan mengembangkan atau membuat sistem yang dapat membantu desa di lokasi KKLP.

Sebelum penerjunan ini, mahasiswa telah dibekali oleh materi-materi yaitu Attitude, infrastruktur, serta materi-materi potensi dan isu-isu dari pihak Desa dan Kecamatan.

“Harapannya melalui kegiatan KKLP ini, mahasiswa dapat merealisasikan teori dan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan ke lingkungan masyarakat melalui program-program yang sudah direncanakan. Setelah lulus nantinya, seluruh mahasiswa mampu menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada,” tutup Ketua STMIK.

“Suatu kesempatan yang luar biasa untuk dapat ikut melepas mahasiswa melaksanaan kegiatan KKLP. Melalui acara ini, saya menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk dapat bersinergi bersama masyarakat sekitar, baik dengan desa, kelurahan atau kecamatan. Apa yang diperoleh di bangku kuliah, dapat dipraktekkan di lapangan dan membantu masyarakat yang akan anda datangi.”

Ketua juga menambahkan, pentingnya membuka pikiran akan hal-hal baru di masyarakat. Mahasiswa dapat mendapatkan ilmu di lapangan dari masyarakat. Hal ini mengingat, masyarakat desa juga banyak yang telah berpengalaman di bidang tertentu dan Ia yakin dengan belajar bersama, mahasiswa dapat memperoleh hal-hal positif yang bermanfaat untuk mereka ke depan.

“Hal terpenting dari KKN adalah bisa berinteraksi di masyarakat, bisa dipraktekkan di masyarakat, bisa berdiskusi dengan masyarakat sekitar. Bagaimana bisa maju bersama masyarakat. Satu hal lagi yang harus saya ingatkan, tolong jaga nama baik STMIK dan almamater. Selamat bertugas. Semoga semua sehat dari berangkat maupun pulang nanti. Sukses selalu.” Tutup Ketua STMIK Ichsan.